Friday, April 7, 2017

Penyebab utama kerontokan bunga dan buah

*Penyebab Utama Kerontokan Bunga dan Buah*

Penyebab utama kerontokan bunga dan buah yang sering kali terjadi pada tanaman sayur-sayuran maupun tanaman buah-buahan yang kita tanam.

*Kekurangan Unsur Hara*
Kekurangan unsur hara pemicu utama penyebab kerontokan bunga dan buah.
Nutisi yang sangat di perlukan untuk membentuk bunga adalah pupuk yang mengandung K (KN03 dan KCL) tinggi, P (SP36), dan unsur makro.
Dianjurkan jangan terlalu banyak menggunakan pupuk yang mengandung unsur N dan ZA karena kandungan N dan ZA menyebabkan pertumbuhan vegetataif pada tanaman aktif.
Untuk menaikkan keasaman tanah kita bisa gunakan kapur dolomit sehingga keasaman tanah/pH tanah akan stabil kembali (pH 6-7).

*Kekurangan Kadar Air*
Untuk proses fotosintesis memerlukan pasokan air yang cukup sehingga menghasilkan oksigen dan Glukosa (Gula).
Untuk pembentukan vegetatif dan fase generatif yang diperlukan Glukosa yang akan menghasilkan bunga dan buah dan jika kekurangan pasokan air dalam tanah akan mengakibatkan pertumbuhan bunga terganggu.
Jaringan bunganya akan mengalami kelayuan dan bunga yang di hasilkan mengalami kerontokan.

Tetapi porositas tanah juga akan terganggu jika pasokan air dalam tanah terlalu berlebihan.
Sehingga mengalami kekurangan oksigen, mengganggu penyerapan unsur hara sehingga mengakibatkan pembusukan akar (busuk akar).
Usahakan untuk mengatur kebutuhan air dalam tanah sesuai kebutuhannya.

*Serangan Hama dan Penyakit*
Pada umumnya hama perusak bunga dan buah adalah sejenis kutu penghisap nutrisi tanaman dan biasanya menyerang bagian bawah daun dan permukaan daunnya.
Hama perontok buah biasanya adalah lalat dan ulat buah, misalnya pada tanaman belimbing, jambu air dan jambu biji.
Semprot menggunakan pestisida ataupun fungisida, bungkuslah buah menggunakan plastik atau pun kain dan kembangkan dengan agen hayati pestisida hayati predaktor hama dan bisa juga memasangnya perangkap lalat buah.

*Angin dan Hujan*
Hujan yang lebat dan angin yang kencang juga mempengaruhi dan mengganggu penyerbukan bunga. serbuk sari banyak yang terbang dan jatuh terbawa air hujan sehingga sedikit yang mengalami penyerbukan.Semprotkan Bioboost, karena Bioboost mengandung ZPT dan asam amino, pasang pembungkus menggunakan plastik transparan akan memperbesar penyerbukan.

*Penyemprotan Bahan Kimia*
Penggunaan pupuk kimia untuk buah, untuk daun, fungisida dan insektisida yang berlebihan akan mengakibatkan dan memacu kerontokan bunga dan buah.
Penyemprotan bahan-bahan kimia tadi sangat asing sehingga mengakibatkan proses pembungaan terganggu sehingga kurang sempurna.
Jika ingin melakukan penyemprotan bunga ataupun daun sebaiknya lakukan sebelum keluar bunga/bunga mekar dan tunggu setelah proses pembungaan selesai sehingga menjadi bintil buah.

No comments:

Post a Comment

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi :
WA/LINE/TELEGRAM = 085645453971