Saturday, March 26, 2016

Manfaat Pohon Titonia Diversifolia a.k.a atau Pohon Daun Insulin

Manfaat Pohon Titonia Diversifolia a.k.a Pohon Ki Pait alias Pohon Daun Insulin

Titonia Diversifolia mudah dijumpai dipinggir jalan dan sampai saat ini dianggap sebagai tanaman gulma. Padahal perakaran tanaman Titonia tersebut adalah rumah bagi jutaan cendawan dan bakteri pelarut fosfat dan kalium yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.
Contoh bakteri yang hidup diperakaran Titonia berasal dari kelompok Azotobacter sp. dan Azospirilium sp. yang keduanya dapat mengambil nitrogen bebas dari udara.

Titonia merupakan pupuk ajaib alami karena mamou menolong pekebun yang kesulitan membeli pupuk buatan pabrik yang harganya terus membumbung.
Titonia hadir sebagai substitusi pupuk tanpa mengurangi produktivitas.
Hebatnya lagi bakteri diperakaran Titonia juga menghasilkan fitohormon seperti Auxin, Giberelin dan Sitokinin.
Akar Titonia juga terinfeksi cendawan mikoriza yang mampu memperluas zona perakaran. Mikoriza ibarat penambang hara sehingga tanaman efektif menyerap hara.

Bila kita menanam Titonia seluas 2000 meter persegi, pekebun bisa memanen 30-35 Ton Titonia segar dalam setahun atau setara 6-7 Ton bahan kering karena pertumbuhannya cepat, ia dapat dipanen setiap 2 bulan untuk dibuat kompos.
Bahan organik ini setara 185 kg Nitrogen, 20 kg Fosfat dan 186 kg Kalium.
Jumlah Nitrogen itu lebih tinggi daripada dosis rekomendasi pupuk Urea pada tanaman jagung, misalnya sebesar 300 kg Urea/Ha atau setara 138 kg Nitrogen.

Alam sudah menyediakan kebutuhannya sendiri, tergantung seberapa besar kita menggali dan mempelajarinya.

Go Green with K-Bioboost..

No comments:

Post a Comment

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi :
WA/LINE/TELEGRAM = 085645453971