Thursday, March 24, 2016

Pengertian ASAM HUMAT

ASAM HUMAT (Humic Acid)

Asam Humat (Humic Acid) mulai banyak digunakan dalam pertanian karena efek positifnya dalam pertumbuhan tanaman dan budidaya tanaman. Asam Humat bukanlah pupuk yang mampu menyediakan nutrisi bagi tanaman, melainkan pelengkap pupuk.
Keuntungan yang diperoleh dari penggunaan Asam Humat adalah :
1. Penambahan bahan organik pada tanah miskin bahan organik
2. Meningkatkan kesehatan dan vitalitas akar
3. Meningkatkan perkecambahan benih
4. Meningkatkan penyerapan nutrisi
5. Meningkatkan sintesis klorofil
6. Meningkatkan retensi pupuk (kemampuan tanah memegang dan melepaskan nutrisi)
7. Memacu aktivitas mikroba tanah
8. Tanaman yang lebih sehat dan hasil meningkat.
Bagaimana Asam Humat Meningkatkan Kualitas Tanah?
Ketika diaplikasikan ke tanah liat, asam humat membantu mengurangi kepadatan tanah, membantu penetrasi air dan udara sehingga pertumbuhan dan perkembangan daerah perakaran menjadi lebih baik. Ketika di aplikasikan ke tanah berpasir, asam humat meningkatkan kandungan bahan organik yang meningkatkan kapasitas retensi tanah dalam menyerap unsur hara.
Peran Asam Humat terhadap Aktivitas Mikroorganisme Tanah?
Aktivitas mikroba yang menguntungkan sangat penting bagi keberlanjutan tanah dan pertumbuhan tanaman. Asam humat merupakan sumber karbon bagi mikroba yang menjadi sumber nutrisinya, yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan dan aktivitasnya dalam tanah. Mikroba berperan dalam siklus unsur hara dan pelarutan beberapa nutrisi seperti phosphat yang terikat oleh tanah. Mikroba juga berperan penting dalam kontinuitas pembentukan humus (humifikasi) dalam tanah. Asam Humat dan Pemupukan Asam humat merupakan bahan pelengkap pupuk, baik pupuk kimia maupun organik. Penggunaan asam humat secara rutin dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia, sebagai akibat dari perbaikan kualitas tanah dan mikroba. Asam humat mampu mengikat nutrisi mikro (khelasi) sehingga menjadi lebih mudah diserap tanaman. Pada beberapa kondisi, penambahan pupuk kimia bisa dihilangkan sama sekali ketika tanah memiliki kandungan bahan organik yang cukup serta proses mikrobiologis berjalan dengan baik.
Bagaimana Asam Humat Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman?
Seperti dijelaskan di atas bahwa dengan meningkatnya kualitas tanah serta tingginya aktivitas mikrobiologis dalam tanah, maka pertumbuhan tanaman juga akan semakin baik. Tanaman menjadi lebih sehat, pertumbuhan tanaman juga meningkat akibat kemampuan tanaman dalam menyerap nutrisi serta memperoleh nutrisi lebih banyak yang disediakan oleh tanah.
Kebutuhan Asam Humat 1 ha hanya bth 4 L dipakai 3 hari sebelum pemakaian bioboost disaat pengolahan tanah.
Dosis pemakaian 1/2 liter asam humat untuk 1 tabung 14 Kg
SATU HAL LAGI YANG PALING PENTING ASAM HUMAT ADALAH menetralisir pH tanah menjadi normal sehingga aktifitas pembentukan hara dalam tanah lebih cepat dan bisa diserap oleh tanaman dengan mudah.

No comments:

Post a Comment

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi :
WA/LINE/TELEGRAM = 085645453971