Sunday, April 3, 2016

Dampak Negatif Penggunaan Pestisida Kimia

Dampak Negatif Penggunaan Pestisida Kimia yang Tidak Bijaksana

Kita ketahui bersama hama dan penyakit tanaman dapat menyebabkan berkurangnya hasil pertanian bahkan bisa menyebabkan kegagalan panen.
Inilah yang menjadi tantangan besar bagi petani dalam berusaha tani.
Kadang petani sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membeli benih, pupuk, dan biaya lainnya, tetapi pada akhirnya tidak sampai panen.
Hal inilah yang menyebabkan para petani menggunakan cara instan yaitu menyemprot tanaman dengan pestisida kimia untuk mengatasi hama dan juga penyakit pada tanaman tersebut.

Penggunaan pestisida kimia memang berhasil membantu petani mengatasi hama penyakit tanaman dan meningkatkan produksi atau hasil pertanian cukup tinggi.
Namun ternyata pemakaian pestisida secara terus menerus dengan dosis yang semakin meningkat menyebabkan dampak yang luar biasa pula.
Hal inilah yang mengharuskan kita untuk lebih bijaksana dalam pemakaian pestisida dan mencari solusi alternative.

Berikut ini akan kami bahas tentang beberapa dampak negative penggunaan pestisida kimia yang diaplikasi secara terus menerus dan berlebihan:

Hama menjadi Resisten
Resistensi hama terhadap pestisida ini terjadi karena pemakaian pestisida yang sama secara terus menerus. Dampak lanjutan dari resistensi hama adalah akan terjadi peningkatan dosis pestisida sehingga biaya produksi pertanian juga akan semakin tinggi.
Dalam usaha penggendalian hama pada tanaman suatu waktu disemprot pestisida dengan dosis tertentu lain waktu apabila ada serangan hama yang sama disemprot dengan dosis yang sama tidak akan mempan, makanya biasanya dosisnya dinaikkan.
Solusinya kalau tidak bisa mengghindari penggunaan pestisida maka harus dilakukan pergantian jenis pestisida.

Kematian Musuh Alami
Aplikasi pestisida kimiawi secara berlebihan menyebabkan kematian Musuh alami termasuk musuh alami dari jenis predator dan parasitoid.Padahal musuh alami ini sangat berpotensi digunakan untuk pengendalian hama secara hayati.
Dengan kematian musuh alami ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan populasi hama di lahan pertanian.
Apabila musuh alami pada lahan padi yang berperan menggendalikan hama wereng ini mati, maka terjadi ketidakseimbangan antara musuh alami dan hama, akibatnya terjadi serangan wereng yang hebat.

Timbulnya Hama Baru
Timbulnya hama jenis baru dari dampak pestisida ini disebabkan seleksi penggunaan pestisida.
Secara alami hama akan meningkatkan keturunannya karena generasinya terancam punah.

Terjadi Ledakan Hama
Populasi hama yang tidak terkendali karena berkurangnya bahkan tidak adanya musuh alami akan meningkat drastis bahkan, tidak hanya meningkat intensitas serangannya tetapi akan menyebabkan terjadinya ledakan serangan hama.

Akumulasi Bahan Kimia Pada Hasil Pertanian
Produk hasil pertanian yang di aplikasi pestisida kimia akan terjadi akumulasi kimia yang menyebabkan produk tersebut jika di kosumsi secara terus menerus menyebakan penyakit degenerative seperti kangker.

Merusak Lingkungan
Lingkungan pertanian dan sekitarnya akan merasakan dampak dari penggunaan pestisida kimia.
Lingkungan akan tercemar oleh zat kimia berbahaya yang terkandung dalam pestisida.
Ikan, udang dan binatang kecil komponen egroekosistem banyak yang mati.
Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem di wilayah pertanian kita.

Menyebabkan Keracunan
Banyak kasus keracunan akibat dari dampak pestisida baik itu manusia sendiri, binatang ternak, maupun binatang lain sekitar lahan pertanian.

Untuk mengatasi dampak penggunaan pestisida maka pengendalian hama supaya dilakukan dengan bijaksana dan lebih mengutamakan lingkungan.
Hal ini memberikan peluang terjadinya pengendalian secara hukum alam.
Serangga musuh alami akan banyak berperan dalam mengendalikan populasi hama.
Bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan dengan menyediakan refugia yang berfungsi sebagai mikrohabitat dan sumber makanan bagi serangga musuh alami.
Refugia ini berupa tanaman berbunga cerah yang ditanam disekitar lahan pertanian.

Semoga kita memahami pentingnya pengetahuan ttg efek negatif dari Pestisida Kimia

No comments:

Post a Comment

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi :
WA/LINE/TELEGRAM = 085645453971